Thursday, May 30, 2013

Asal Usul Nama Surabaya

Surabaya atau sering disebut Suroboyo dalam bahasa Jawa, merupakan ibukota provinsi Jawa Timur. Sebuah Kota Metropolitan kedua setelah Jakarta. Surabaya juga dikenal sebagai kota Pahlawan. Karena di sanalah pernah terjadi peperangan dahsyat antara arek-arek suroboyo melawan pasukan inggris, yang berhasil menewaskan Jenderal Mallaby dari pihak inggris. Sampai sekarang,  tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan. Untuk memperingati berkobarnya perjuangan utk mempertahankan kedaulatan RI di Surabaya. Di sana pula terdapat Jembatan suramadu yang merupakan salah satu icon Indonesia


Logo Surabaya baru
Logo Surabaya
Ada banyak versi tentang asal usul nama surabaya ini, namun semuanya berkaitan erat dengan kemenangan Raden Wijaya saat melawan pasukan tartar. 

Versi pertama:

Menurut sebagian bukusurabaya berasal dari kata Sura dan Baya. Sura berarti Jaya, menang, selamat.
Sedangkan Baya artinya bahaya. Sehingga Surabaya kurang lebih berarti "Selamat dari Bahaya".
Selamat dari bahaya pada kalimat ini berarti, berhasil dikalahkannya pasukan Tartar (ada yg mengatakan bangsa China) oleh pasukan majapahit. 

Ke dua:
Surabaya berasal dari kata suro dan boyo 
Kata Suro berarti ikan Suro, sebuah ikan hiu yang besar. dan boyo berarti buaya.
Di sini suro merupakan lambang dari pasukan tartar yang datang dari laut, sedangkan pasukan Majapahit digambarkan sebagai Boyo yang menyerang dari darat. 

Ke tiga:
Konon saat pertempuran antara Majapahit dengan Bangsa Tartar terjadi. Ada 2 prajurit yang sangat tangguh dari kerajaan majapahit. mereka bernama Jaka Sura dan Jaka Baya. Kemenangan Majapahit atas bangsa Tartar tidak terlepas dari kontribusi mereka berdua dalam pertempuran. Sayang, mereka berdua sangat sombong dan menganggap merekalah manusia yang paling kuat. Hingga ada seorang tua yang sakti mengutuk mereka. Jaka Sura menjadi ikan Sura, sedangkan Jaka Baya menjadi seekor buaya. Hal ini ternyata tidak membuat mereka berubah, mereka masih saja bertengkar untuk memperebutkan wilayah dan makanan masing-masing. Sehingga terjadi pertempuran yang dahsyat antara mereka kedua binatang tersebut. Pertempuran baru berakhir saat mereka sama-sama mati. Raden wijaya yang melihat pertempuran tersebut, kemudian menamakan tempat itu dengan nama surabaya. Versi ketiga ini merupakan legenda ttg Surabaya.

Hari Jadi 
Hari jadi Surabaya adalah 31 Mei 1293,  yang mana tanggal tersebut merupakan tanggal saat prajurit majapahit berhasil mengalahkan pasukan tartar.

No comments:

Post a Comment